Penjelasan lengkap tentang TTH (Tension Type Headache) Keluhan nyeri pada Kepala

Penjelasan lengkap tentang TTH (Tension Type Headache) Keluhan nyeri pada Kepala

Penjelasan lengkap tentang TTH (Tension Type Headache) Keluhan nyeri pada Kepala

Semangat pagi... Menyambut weekend minggu ini akan lebih lengkap dengan menyempatkan diri menambah informasi tentang dunia kesehatan, Kali ini kami membagikan informasi seputar kesehatan mengenai TTH (tension type headache). Sangat bermanfaat loh terutama bagi teman-teman yang menghabiskan harinya di depan komputer. Yuk dibaca...

Apa itu TTH ?
Tension Type Headache adalah keluhan nyeri kepala yang paling sering ditemui dalam praktek sehari-hari. Nyeri kepala jenis ini sering dikaitkan dengan stress dan dikeluhkan menahun. Rasa nyeri menjalar dari mata ke dahi, lalu ke arah atas telinga hingga ke bagian dari belakang leher hingga ke pundak.

APA PENYEBABNYA ?
  1. Stress : TTH akan muncul pada saat sore hari setelah mengalami stress panjang selama bekerja atau kegiatan sehari-hari lainnya
  2. Kurang tidur / Sleep Deprivation : Kurang tidur baik secara kuantitas maupun kualitas sangat mempengaruhi untuk terjadinya TTH.
  3. Posisi yang tidak nyaman yang menyebabkan stress / posisi yang tidak benar.
  4. Wakyu makan yang tidak pasti / tidak teratur : Dengan waktu makan yang tidak pasti, maka akan menyebabkan lapar, lapar juga merupakan salah satu penyebab timbulnya TTH.
  5. Kelelahan mata : Kelelahan mata yang terutama diakibatkan oleh terlalu sering/lamanya berada di depan komputer/laptop memiliki resiko yang tinggi untuk timbulnya TTH.
  6. Withdrawal Cafein (Berhenti mengkonsumsi kafein : Bagi orang yang sudah terbiasa denganmengkonsumsi kafein setiap harinya, terlebih lagi dengan dosis yang tinggi, maka saat orang tersebut tiba-tiba berhenti untuk mengkonsumsi kafein maka, TTH akan terjadi sebagai kompensasi tubuh terhadap permintaan kafein.
  7. Marah, Teori lain menyebutkan bahwa marah adalah salah satu penyebab timbulnya TTH, karena ketika seseorang marah ada ketegangan otot yang terjadi (musculus temporalis ) dikarenakan penekanan gigi bawah dan atas (teeth clenching)

APA GEJALANYA ?
TTH (Tension Type Headache), seringkali dideskripsikan sebagai rasa tekan (terikat) yang konstan, kepala bagaikan diikat oleh tali. Rasa nyeri yang muncul seringkali bilateral (dua sisi), dimana yang artinya terjadi rasa tertekan pada kedua bagian kepala pada saat yang bersamaan. Nyeri khas TTH dari ringan hingga sedang, tapi bias hingga berat.

BAGAIMANA TERAPINYA ?
Terapi secara umum dibagi menjadi 2 macam :
  1. Terapi non farmakologi (tanpa penggunaan obat-obatan), tidur yang cukup dan berkualitas, makan teratur, perhatikan konsumsi nutrisi tubuh, olah raga secara teratur, kontrol emosi, jika memungkinkan lakukan lah kegiatan-kegiatan yang bisa mengurangi stress seperti berwisata, meditasi, yoga, dll.
  2. Terapi farmakologi (dengan penggunaan obat-obatan), TTh dapat dikurangi dengan pemberian beberapa obat jenis analgesic

Artikel ini sebagai bahan informasi dan tidak menggantikan peran dari tenaga medis, untuk informasi lebih lanjut maupun pengobatan, silahkan konsultasikan ke tenaga medis perusahaan atau dokter anda.

SELAMAT MEMBACA . .
Created By : Medic Crew Site IBPL

HEALTH CAMPAIGN 2017
PT. KALIMANTAN PRIMA PERSADA
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

HANYA DENGAN RP.50.000 SUDAH MENDAPATKAN BLOG CANTIK DAN DAPAT BONUS TEMPLATE PREMIUM, PEMESANAN SILAHKAN KLIK LINK INI, TEMPLATE SUPER SEO CEPAT TERDETEKSI GOOGLE Kumpulan Bahan dan Cara Membuat Kue Kering, Sayur, Masakan Ikan dan Daging