Pengertian dan kepanjangan istilah di Perusahaan lengkap semua Departemen

Pengertian dan kepanjangan istilah di Perusahaan lengkap semua Departemen

Pengertian dan kepanjangan istilah di Perusahaan lengkap semua Departemen

Bekerja pada sebuah perusahaan adalah menjadi rutinitas dan kewajiban saya setiap hari. Berangkat kerja dimulai dari pukul 06.00 Pagi dan di akhiri untuk kembali ke rumah pada pukul 18.00 Sore. Menjadi sebuah kebiasaan pagi para pekerja buruh untuk melaksanakan kewajibannya, dengan bekerja seharian penuh diharapkan mendapatkan gaji ataupun upah di akhir bulan. Sebagai pekerja yang baik harus mengerti istilah istilah yang ada di Perusahaan, terutama istilah pada Departemen yang menjadi tempat bekerja.

Sudah selama 14 tahun saya mengabdi kepada perusahaan perusahaan Swasta untuk mencari nafkah untuk keluarga. 7 tahun pertama saya bekerja di Perusahaan yang bergerak dibidang perkayuan (Plywood) yaitu PT.Tirta Mahakanm Resources,Tbk, dilanjut pada 1 tahun berikutnya saya mulai masuk di dunia Pertambangan di PT.BUMA site PT.BBE, 1 tahun berikutnya di PT.BJE sanga sanga dan 6 bulan berikutnya di PT.KMS yang bergerak di Galangan Kapal. Pada tahun 2013 samapi dengan sekarang saya masih aktif bekerja di PT.Surya Teknik Anugerah site PT.Insani Bara Perkasa Loa janan yang masih bergelut di Perusahaan Tambang.

Setelah sekian lama saya bekerja, hanya satu departemen yang menjadi Faforit saya bekerja dan terbukti dari 14 tahun saya bekerja 12 tahun saya ada di Departemen HRD. Apa itu kepanjangan dan pengertian HRD !!! tentu sahabat sekalian sudah tidak asing mendengarnya karena di setiap perusahaan pasti memiliki Departemen HRD. Artikel ini sengaja saya buat supaya kita memahami dan mengerti arti istilah istilah yang ada pada Departemen tempat kita bekerja. Kali ini saya tidak akan membahas satu Departemen tetapi saya akan bahas semua Kepanjangan dari Singkatan dan penjelasan istilah di Perusahaan.

Sinkatan, Kepanjangan dan Penjelasan Istilah di Perusahaan
  • HRD : Human Resources Departement : Departemen di dalam sebuah perusahan yang bertanggung jawab menangani pengelolaan SDM (Sumber Daya Manusia).
  • Personalia : Serangkaian kegiatan mengelola SDM pada hal-hal yang terkait administratif yang mengatur hubungan industrial antara perusahaan dan karyawannya. Pengelolaan dari fungsi personalia ini antara lain bertanggung jawab terhadap Employee Database, Payroll dan pembayaran benefit lainnya.
  • GA : General Affair : Bagian umum yang mengurusi semua kegiatan operasional perusahaan, tugas general affair di bidang kendaraan dinas, mess karyawan, Konsumsi dan lain-lain.
  • PKB : Perjanjian Kerja Bersama : Suatu kesepakatan secara tertulis dengan menggunakan bahasa Indonesia yang dibuat secara bersama – sama antara pengusaha atau beberapa pengusaha dengan organisasi serikat pekerja/gabungan organisasi serikat pekerja yang sudah terdaftar pada instansi yang bertanggung jawab dibidang ketenagakerjaan.
  • CSR : Corporate Social Responsibility : Suatu konsep atau tindakan yang dilakukan oleh perusahaan sebagai rasa tanggung jawab perusahaan terhadap social maupun lingkungan sekitar dimana perusahaan itu berada, seperti melakukan suatu kegiatan yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar dan menjaga lingkungan, memberikan beasiswa untuk anak tidak mampu di daerah tersebut, dana untuk pemeliharaan fasilitas umum, sumbangan untuk membangun desa/fasilitas masyarakat yang bersifat sosial dan berguna untuk masyarakat banyak, khususnya masyarakat yang berada di sekitar perusahaan tersebut berada.
  • ComDev : Communitty Development (pengembangan masyarakat) dapat didefinisikaan sebagai “Kegiatan pengembangan masyarakat yang diarahkan untuk memperbesar akses masyarakat untuk mencapai kondisi sosial-ekonomi-budaya yang lebih baik apabila dibandingkan dengan kegiatan pembangunan sebelumnya”.
  • HSE : Health Safety Environment : di Indonesia banyak sekali pengistilahannya seperti Keselamatan Kesehatan Kerja Lingkungan Hidup atau K3LH atau ada yang mengistilahkannya OSH (Occupational Safety & Health) atau K3 saja.
  • Superintendent : Pengawas, pemimpin atau inspektur.
  • Supervisor : seseorang yang diberikan tugas dalam sebuah perhimpunan perusahaan sebagaimana ia mempunyai kuasa dan wewenang untuk mengeluarkan perintah kepada rekan kerja bawahannya.
  • Foreman : Mandor, kepala tukang, werekbas.
  • Cut Off : Tutup buku dalam satu periode absensi atau payroll karyawan.
  • Rooster : Jadwal kerja karyawan berdasarkan hari ke 1 sebagai hari senin dan terus sampai hari minggu sebagai hari ke 7
  • Logistik : Departemen di mana tempat di kumpulkannya barang ATK, Sparepart dan barang lainnya.
  • Workshop : Departemen dimana tempat dilakukannya perbaikan semua unit yang beroperasi.
Itulah beberapa istilah yang saya dapat dari berbagai sumber, mungkin istilah di atas hanya sebagian kecil dari istilah yang kita dengar saat bekerja, masih banyak lagi istilah yang lainnya. Silahkan sahabat tambahkan Arti dari sebuah kata kata yang unik yang biasa sahabat dengar di perusahaan supaya untuk menambah pengetahuan pada saat sahabat melakukan interview di sebuah perusahaan.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

HANYA DENGAN RP.50.000 SUDAH MENDAPATKAN BLOG CANTIK DAN DAPAT BONUS TEMPLATE PREMIUM, PEMESANAN SILAHKAN KLIK LINK INI, TEMPLATE SUPER SEO CEPAT TERDETEKSI GOOGLE