Sidang Ahok akan di gelar 13 Desember 2016 oleh Kejaksaan Agung

Sidang Ahok akan di gelar 13 Desember 2016 oleh Kejaksaan Agung

Sidang Ahok akan di gelar 13 Desember 2016 oleh Kejaksaan Agung

Beberapa hari terakhir Media disibukkan dengan Proses hukum atas kasus penistaan agama dengan tersangka Basuki Tjahaja Purnama yang mana Proses Hukum terus berjalan. Setelah beberapa hari terakhir berkas dinyatakan lengkap oleh Kejaksaan Agung dan kini Pengadilan Negeri Jakarta Utara, sudah menjadwalkan sidang perkara tersebut.

"Persidangannya telah ditentukan oleh majelis, hari Selasa tanggal 13 Desember 2016 pukul 09.00 WIB pagi di Gedung Pengadilan Negeri Jakarta Utara," kata pejabat Humas Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Hasoloan Sianturi, di kantornya, Jakarta, Senin, 5 Desember 2016.

Hasoloan menuturkan bahwa sidang tersebut akan dipimpin oleh lima orang hakim yaitu Dwiarso Budi Santiarto, Jupriyadi, Abdul Rosyad, Joseph V Rahantoknam, dan I Wayan Wirjana. "Nantinya di lantai dua ruangan Koesoemah Atmadja," katanya.

Bareskrim Polri menetapkan Ahok sebagai tersangka kasus dugaan penistaan agama terhadap Surat Al Maidah ayat 51 pada saat kunjungan kerja ke Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, pada Rabu, 16 November 2016.

Ahok disangka melakukan penistaan agama sebagaimana diatur Pasal 156a KUHP juncto Pasal 28 ayat (2) Undang Undang Nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Ahok terancam hukuman maksimal 6 tahun penjara dan denda paling banyak Rp1.000.000.000.

Pasal 156a KUHP memuat ketentuan ‘Barang siapa dengan sengaja di muka umum mengeluarkan perasaan atau melakukan perbuatan:
  1. Yang ada pada pokoknya bersifat permusuhan, penyalahgunaan atau penodaan terhadap suatu agama yang dianut di Indonesia.
  2. Dengan maksud agar orang tidak menganut agama apapun juga yang bersendikan Ketuhanan Yang Maha Esa’
Kemudian, Pasal 28 ayat (2) UU ITE memuat ketentuan ‘Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu dan/atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA)'.

Beberapa waktu setelah itu, penyidik Bareskrim Polri melimpahkan berkas kasus Ahok ke Kejaksaan Agung. Pada Kamis, 1 Desember 2016, berkas Ahok dinyatakan lengkap atau P21. www.metro.news.viva.co.id

Seluruh masyarakat Indonesia menunggu Proses Sidang yang akan di laksanakan secara Live supaya terjadi keadilan apakah Ahok benar bersalah atau tidak. Semoga Penegak Hukum dapat menjalankan tugasnya dengan baik dengan tidak merugikan salah satu Pihak.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments