Cara mengetahui Tsunami akan datang setelah Gempa terjadi

Cara mengetahui Tsunami akan datang setelah Gempa terjadi

Cara mengetahui Tsunami akan datang setelah Gempa terjadi

Masih inggat dengan kejadian Gempa yang di sertai dengan Tsunami di Aceh pada tahun 2004. Gempa dengan kekuatan 9.1 SR di Samudra Hindia pada saat itu menewaskan sekitar kurang lebih 200 ribu jiwa. Besarnya gempa memicu Tsunami yang akhirnya menghantam Aceh, Thailand, Srilangka, India, Maladewa dan pesisir timur Afrika. Kejadian pada tanggal 26 Desember 2004 kembali terjadi di Aceh pada tanggal 7 Desember 2016 dengan kekuatan 6.4 SR yang menewaskan mencapai 92 jiwa dan dimungkinkan akan terus bertambah karena masih banyak yang berada di reruntuhan bangunan.

Bagi anda yang memiliki tempat tinggal atau rumah dekat bibir pantai wajib mengetahui kondisi alam apabila terjadi Gempa yang dapat menimbulkan Tsunami. Hal ini dapat mengantisipasi anda melakukan penyelamatan ke tempat yang lebih tinggi. Banyak cara mengetahui kondisi alam saat Gempa terjadi, disini akan saya bagikan bagaimana cara mengantisipasi pada saat gempa terjadi dan mengetahui Tsunami yang akan datang.

Tanda tanda Alam sebelum terjadinya Bencana Alam Gempa Bumi :
  1. Sebagian masyarakat yang memilki peliharaan seperti Ayam mengalami kejadian lama tidak bertelur, Gelisah dan selalu berkotek kotek tanpa sebab yang jelas.
  2. Lihat ke langit dan perhatikan awan yang membentuk seperti pohon atau seperti batang, bentuknya berdiri kenapa, karena Gelombang Elektromagnetis berkekuatan besar dari dasar bumi sehingga gelombang elektromagnetis tersebut menghisap daya listrik di awan, oleh karena itu awan jadi sepeti tersedot kebawah.
  3. Cek Televisi apakah ada ganguan pada TV anda seperti bintik bintik pada TV, periksa lampu neon anda dengan cara matikan aliran listrik apabila lampu neon masih berkedip kedip maka itu tanda tanda akan terjadinya gempa.
  4. Lihat pada air di sumur atau kolam apabila menjadi surut secara tiba tiba maka anda harus waspada karena itu adalah salah satu ciri akan terjadinya gempa.
Biasanya setelah Gempa Bumi terjadi akan disusul dengan adanya Tsunami, bagaiman cara mengetahu Tsunami akan datang supaya kita dapat mengantisipasinya :
  1. Sudah jelas pada judulnya jika anda sudah tau terjadi Gempa Bumi maka segeralah menjauh dari pantai karena ada kemungkinan Tsunami akan menyusul.
  2. Jika mendengar suara Gemuruh (walaupun sudah tidak ada gempa) bergegaslah lari ke tempat yang aman atau ke daerah pegunungan karena tidak menutup kemungkinan itu adalah suara gelombang Tsunami yang sedang menuju ke pantai.
  3. Seperti yang di jelaskan point nomor 4 tanda tanda gempa maka sama pada poin ini anda perhatikan Air Laut apabila mengalami surut dan turun secara tiba tiba maka anda jangan tertarik untuk mencari ikan yang tertingal di pinggir pantai karena itu adalah tanda tanda Air Laut dalam jumlah besar akan datang kepantai.
Itulah sedikit penjelasan tentang Gempa dan Tsunami yang akhir akhir ini sedang banyak di bicarakan di situs berita dan media sosial. Bagi anda yang jauh dari Laut maka anda tidak perlu takut akan adanya Tsunami tetapi waspadalah terhadap Gempa yang segala kemungkinan bisa terjadi tetapi tetaplah menikmati Keindahan Alam dan Pantai Indonesia.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments