Cara mendeteksi Gempa Bumi dengan menggunakan Aplikasi Android

Cara mendeteksi Gempa Bumi dengan menggunakan Aplikasi Android

Cara mendeteksi Gempa Bumi dengan menggunakan Aplikasi Android

Mengetahui lebih awal dengan datangnya Gempa saat ini banyak dicari, bagaiman tidak di Indonesia bukan hal yang baru musibah ini terjadi. Baru baru ini Gempa 6.5 SR terjadi di Aceh dengan korban jiwa sebanyak 92 jiwa dan masih terus bertambah. Untuk sahabat yang memilki rumah di daerah yang memungkinkan adanya Gempa ada baiknya memilki atau mengunakan salah satu dari 5 Aplikasi Android pendeteksi Gempa. Aplikasi ini sangat bermanfaat buat anda untuk berjaga jaga saat dimanapun anda berada karena Handphone akan selalu anda bawa bukan. Indonesia adalah wilayah yang sangat rawan terjadinya gempa terutama di pulau Jawa.

Sebelumnya saya sudah membuat sebuah artikel : Cara mengetahui Tsunami akan datang setelah Gempa terjadi untuk anda yang tidak memilki Handphone Android. Saya tidak memberikan Link Donlowad Aplikasi Android untuk pendeteksi Gempa ini karena blog ini bukanlah blog Donlowad. Aplikasi tersebut anda bisa dapatkan di Play Store. Berikut adalah uraian penjelasan 5 Aplikasi pendeteksi gempa yang bisa anda gunakan, pilih salah satu aplikasi yang menurut anda lebih mudah dan ringan di HP.

1. Vibration Meter
Sudah di unduh sebanyak 5 juta pengguna, Aplikasi termasuk yang banyak digunakan. Aplikasi ini dapat dijalankan pada android Versi 2.2 ke atas dengan besarnya aplikasi sebesar 2.7 mb. Aplikasi ini bekerja dengan sensor yang akan mengukur getaran gempa dan dapat mengetahui besarnya gempa lengkap dengan dampak gempa yang mungkin terjadi.

2. Earthquake Alert!
Earthquake Alrt! sudah di unduh sebanyak 5 juta pengguna, selain untuk mendeteksi gempa, aplikasi ini banyak memilki Fungsi seperti :
- Berita tentang gempa seluruh Dunia
- Dapat melihat Lokasi Gempa di Peta
- Alrm
- Peta lengkap berdasarkan Satelit
- Menampilkan peta yang menunjukan besarnya Gempa

3. Earthquake Detector
Tampilannya seperti tombol Star pada Komputer dengan besarnya aplikasi 3.1 mb dan dapat dijalankan di android versi 2.3.3 keatas. Mengunakan aplikasi ini sangat mudah, anda cukup menekan tombolnya dan aplikasi ini juga menyediakan Alrm untuk memberikan peringatan saat gempa terjadi.

4. Multi Measures : All-in-1 kita
Aplikasi ini memilki 12 alat yang memilki fungsi berbeda antara lain : Decibel, Teslameter, Compass, Timer, Seismometer, Metronome, Stopwatch, Spirit/Bubble Level, Surface Level, Plumb Bob, Protactor, dan Ruler. di antara 12 alat tersebut ada satu yang khusus mendeteksi adanya gempa yaitu Seismometer yang dapat mendeteksi getaran dan gerakan dari perangkat tersebut.

5. Seismometer 6th
Aplikasi ini selain untuk mendeteksi gempa juga berfungsi untuk mengecek kehalusan laju mobil dan juga terdapat Alrm dengan 3 level sensitivitas dan dapat mengekspor data melalui Email. Aplikasi ini tidak banyak memakan ruang, hanya 15 mb dan dapat dijalankan di android versi 2.2.

Itulan penjelasan dan tampilan dari 5 Aplikasi yang dapat anda gunakan di HP anda. Jangan hanya digunakan untuk berinteraksi dengan Media Sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, BBM atau aplikasi lainnya. Cukup anda memilih dari 5 Aplikasi di atas untuk mengingatkan pada saat gempa terjadi. sumber : plimbi.com
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments