Game Pokemon Go akan di blokir di Indonesia, bagaimana menurut anda !!!

Game Pokemon Go akan di blokir di Indonesia, bagaimana menurut anda !!!

Game Pokemon Go akan di blokir di Indonesia, bagaimana menurut anda !!!

Game yang satu ini memang membuat para penyuka Game kecanduan, bagaimana tidak, demi mendapatkan Pokemon anda harus berkeliling seperti mencari jangkrik, dimanakah pokemonnya berada, tak terasa saat mencari anda sudah ada di depan parit, Gubrak !!!! jatuh dech... itulah para pencari pokemon yang kurang kerjaan, jika ngak punya kerjaan sini bang di rumah saya banyak yang bisa di kerjakan hehehe... Dengan banyaknya kecelakaan lalu lintas yang di akibatkan pengunaan HP untuk mencari Pokemon, pemerintah berencana menutup aplikasi Game Pokemon ini di Indonesia, merugikan masyarakat pastinya, bagaimana tidak anda harus cari pokemon kesana-kemari tapi apa yang di dapatkan, ngak ada kan !!! berikut penjelasan yang lebih lengkap kenapa Game Pokemon GO akan di tutup di Indonesia.


Chairman Communication and Information System Security Research Center Pratama Persadha mengatakan, sebenarnya tidak ada hal yang membuat Pokemon Go harus diblokir. Sebab, tidak melanggar Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik serta Peraturan Menteri nomor 19 tahun 2014 tentang Penanganan Situs Internet Bermuatan Negatif.

Menurut dia, Permen 19 hanya mengatur tentang situs bermasalah dengan konten radikalisme, pornografi serta suku agama ras dan antargolongan. “Jadi perlu dilihat juga mana yang dilanggar Pokemon Go di sini,” kata Pratama, Jumat (15/7).

Ia menambahkan, UU ITE  bahkan tidak mengatur sama sekali tentang wewenang pemblokiran. Karena itu lahirnya Permen 19 tahun 2014 menjadi payung hukum. Namun Pratama menambahkan, pemerintah tidak bisa begitu saja memblokir aplikasi-aplikasi tanpa melihat secara teknis.

“Memang sempat muncul kekhawatiran karena adanya celah keamanan di Pokemon Go versi iOS, namun itu sudah ditutup oleh pengembangnya,” katanya. Hal ini, kata dia, juga tidak bisa menjadi alasan bagi pemerintah untuk memblokir Pokemon Go di tanah air

Pokemon Go sebenarnya baru dirilis secara resmi di tiga negara, Amerika Serikat, Australia dan Selandia Baru. Di luar negara tersebut ternyata Pokemon Go sudah banyak dipakai, terutama lewat android dengan menginstal APK (Android Package Kit) di luar Google Play Store. APK  adalah file yang digunakan untuk mengintal aplikasi maupun game di Android.

Patut diwaspadai juga adanya kemungkinan pihak yang tidak bertanggungjawab menempelkan malware dan virus pada file APK Pokemon Go di luar Play Store. Korban yang mengalami ini cukup banyak. Terutama karena banyak orang tidak sabar menunggu versi resmi di negaranya masing-masing.

Memang ada risiko menginstal Pokemon Go lewat APK di luar Play Store. Paling aman bersabar menunggu memasang aplikasi sampai rilis resminya ada di tanah air atau kalau yakin bahwa APK yang diinstal bebas malware atau virus. “Juga yang paling penting, buat akun Gmail baru khusus untuk bermain Pokemon Go,” jelas Pratama.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments